Menambahkan Pengecualian File atau Folder Tertentu pada Windows Defender

Aplikasi tidak mengandung virus, tapi dianggap virus oleh antivirus, lalu bagaimana cara mengatasinya ? jika anda pengguna computer atau laptop pasti pernah mengalami hal yang sama dengan yang telah sering saya alami, dimana aplikasi atau program yang kita miliki pada computer justru malah dianggap atau di deteksi sebagai program berbahaya atau virus computer oleh aplikasi antivirus pada computer kita.
Setting Windows defender

Antivirus pada dasarnya merupakan aplikasi atau program yang berguna untuk melindungi computer kita dari serangan program jahat yang disebut dengan virus. Virus computer sendiri aja banyak jenis dan variant, diantaranya adalah Trojan, worm dan lain sebagainya.

Windows Defender merupakan sebuah aplikasi atau program bawaan windows yang bisa dibilang aplikasi antivirus terbaik untuk windows. Namun sebaik apapun sebuah program pasti memiliki kelemahan, dan sering kali salah mendeteksi file biasa namun dikira virus.

Antivirus itu sendiri dibuat untuk melawan program jahat yang disebut dengan virus computer, namun yang menjadi permasalahan adalah : Terkadang Antivirus tidak dapat mengenali mana yang benar-benar virus dan mana yang bukan virus.

Terkadang aplikasi yang kita butuhkan malah dihapus oleh antivirus karena dianggap sebagai virus, padahal Sebenarnya aplikasi tersebut bersih tanpa ter infeksi virus.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengatasi aplikasi yang disangka virus oleh antivirus ? bagaimana cara agar aplikasi yang kita miliki tidak dihapus oleh antivirus? Ya memang antivirus suka ngaco… na untuk mengatasi permasalahan antivirus ngaco tersebut adalah dengan membuat pengecualian.

Pengecualian yang admin Tutorialengkap maksud adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada pada antivirus tersebut sendiri, karena memang kebanyakan aplikasi antivirus pasti memiliki fitur tersebut.
Pada tutorial ini admin akan mencoba memberikan contoh cara membuat pengecualian pada antivirus Windows Defender pada windows 10. Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi File Yang Dianggap Virus Oleh Antivirus Windows Defender

1. Ketika peringatan Threats Found mulai tampil dan mencurigai file yang bukanlah virus, maka segeralah buka program atau aplikasi Windows Defender, dan segera buat Exception atau white list atau daftar pengecualian.

2. Setelah halaman windows defender terbuka, lanjutkan dengan melakukan klik pada icon gear untuk masuk ke halaman setting atau pengaturan pada windows defender.

3. Setelah berhasil masuk ke halaman settings windows defender, selanjutnya silahkan klik pada pilihan atau tulisan Virus & Threats Protection Settings.

4. Langkah berikutnya, anda telah masuk pada halaman virus & Threats Protection Settings, pada halaman tersebut, silahkan Geser atau scrool ke awah sehingga anda menemukan pilihan Exclusions. Silahkan klik pada tulisan Add or Remove Exclusions

5. Langkah ke lima, anda masuk ke menu untuk menambahkan Exclusions yang berguna untuk menambahkan aplikasi atau file apa saja agar tidak dikenali oleh antivirus windows defender.

Caranya adalah silahkan klik pada tombol Plus Add an Exclusions , kemudian pilih file jika hanya ingin menambahkan satu file saja, atau pilih Folder jika anda ingin menambahkan langsung satu folder beserta semua isi file didalamnya.

6. Langkah selanjutnya, anda akan masuk ke mode browses yang berguna untuk memilih folder atau file mana yang akan anda masukkan ke daftar pengecualian, silahkan pilih folder yang anda mau.

7. Setelah anda memilih folder yang ingin anda masukkan ke daftar pengecualian, anda akan diminta memberikan izin sebagai administrator oleh User account control. Silahkan pilih YES untuk mealanjutkan.

8. Selesai dan sekarang file atau program yang sebelumnya dicurigai sebagai virus oleh antivirus telah aman dan tidak akan ikut di scan jika antivirus windows defender melakukan pemindaian pada computer anda.

Itulah langkah-langkah cara menambahkan exclusions atau daftar pengecualian pada file yang dicurigai mengandung virus oleh antivirus.

Sebenarnya bukan hanya windows defender saja yang memiliki fitur pengecualian atau exclusions, tetapi Sebenarnya antivirus lainya seperti Avira, Avast, Smadav, Eset Internet Security, Kaspersky dan lain sebagainya juga memiliki fitur Exclusions untuk menambahkan file ke daftar aman.

Itulah langkah langkah mudah untuk menambahkan daftar pengecualian folder dan file pada antivirus windows defender pada windows 10. selamat mencoba dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

0 Response to "Menambahkan Pengecualian File atau Folder Tertentu pada Windows Defender"

Post a Comment

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel