Tutorial Cara Menggabungkan Dua Partisi Hardisk Menjadi Satu

Tutorialengkap.com – Dalam tutorial kali ini admin akan menjawab beberapa pertanyaan dari pembaca mengenai bagaimana cara menggabungkan dua partisi hardisk menjadi satu partisi saja. Kalau di ingat-ingat Pertanyaan tersebut merupakan kebalikan dari tutorial yang pernah admin tutorialengkap Bahasa beberapa bulan lalu, yaitu mengenai bagaimana cara membagi satu partisi hardisk menjadi dua partisi.
tutorialengkap cara menggabungkan dan menghapus dan memperbesar partisi hardisk komputer

Sebelum melangkah ke pembahasan inti, kita akan membahas persiapan apa saja yang kita perlukan sebelum melakukan penggabungan partisi hardisk dan berikut adalah daftar Persiapan, Alat dan juga bahan apa saja yang kita perlukan untuk menggabungkan partisi hardisk.

Persiapan Apa saja yang harus dilakukan sebelum merubah partisi hardisk ?

Backup Data
Backup data adalah hal yang terpenting dalam melakukan perubahan partisi hardisk, baik itu menggabungkan partisi, membagi partisi, maupun melakukan resize atau merubah ukuran hardisk. Mengapa backup sangat penting dilakukan sebelum melakukan modifikasi partisi hardisk?

Seperti yang kita tau, setiap kali kita melakukan perubahan ukuran partisi, baik itu menambah, mengurangi, menggabung maupun membagi ukuran hardisk,  maka ruang pada hardisk juga mengalami perubahan dan hal tersebut sangat mempengaruhi data yang tersimpan pada hardisk.
Jika terjadi kesalahan dalam melakukan perubahan atau modifikasi partisi pada hardisk, Resiko terbesar yang mungkin terjadi adalah anda harus kehilangan seluruh data yang ada dalam partisi hardisk. Itulah mengapa backup isi hardisk sangat penting dan perlu di lakukan.

Memilih Aplikasi Yang dapat memudahkan dalam melakukan modifikasi partisi hardisk.
Salah satu aplikasi atau software yang paling banyak digunakan untuk melakukan management hardisk adalah Easeus Partition Master. Aplikasi Easeus Partition Master ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat memudahkan anda dalam melakukan modifikasi partisi hardisk karena dilengkapi dengan user interface yang mudah dimengerti.

Dalam tutorial ini admin tutorialengkap.com menggunakan aplikasi Easeus Partition Master free edition. Jika anda ingin download dan menggunakan software tersebut, silahkan download secara gratis di situs resminya.

Pastikan Pasokan Daya / Listrik untuk computer anda Aman.
Kehilangan seluruh data dalam hardisk pernah admin alami ketika sedang melakukan proses membagian partisi dan secara tiba-tiba listrik padam. Jadi hal ini bisa menjadi peajaran untuk saya dan juga untuk anda.

Jika anda menggunakan laptop atau notebook, pastikan baterai laptop anda dalam keadaan penuh, atau bisa juga sambil di carge.namun jika anda menggunakan PC Desktop, sebaiknya installasi listrik pada computer anda harus memiliki UPS (Uninterruptible Power Supply) yaitu perangkat yang memiliki baterai yang berguna untuk melakukan backup catuan daya untuk computer anda.

Setelah semua persiapan alat dan bahan telah terpenuhi, selanjutnya mari kita masuk ke tahap pembahasan inti, yaitu tentang bagaimana cara menggabungkan dua partisis hardisk menjadi satu partisi saja. Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menggabungkan dua partisi hardisk menjadi satu 

1. Download dan install software atau aplikasi Easeus Partition Master pada computer, kemudian setelah proses installasi selesai, silahkan buka aplikasi Easeus Partition Master yang telah  anda install tadi, kemudian klik pada pilihan Partition Master.
Cara mudah menggabung partisi hardisk
2. Setelah apliaksi Partition Master terbuka, anda akan melihat mapping drive atau denah partisi dari hardisk yang anda gunakan. Seperti pada gambar berikut :
Mapping Drive atau denah partisi hardisk pada windows
Pada gambar ilustrasi di atas, admin memiliki 3 partisi, yaitu C: sebagai system, D: New Volume dan F: DataCenter
Misi yang akan Admin Lakukan adalah Menggabung Partisi F dengan Partisi D
Oleh karena itu, tahap yang perlu kita lakukan adalah Menghapus Partisi F, dan melakukan resize atau membesarkan ukuran partisi D. mari kita lanjut ke tiap prosesnya.

3. Menghapus Partisi F dengan cara klik kanan pada partisi F (partisi yang akan di hapus) , kemudian klik pada pilihan Delete Partition. kemudian konfirmasi dengan melakukan klik pada tombol OK.
4. Setelah partisi F berhasil di hapus, maka partisi F tadi akan berubah menjadi Unlocated.
Partisi Windows Menjadi Unlocated setelah dihapus
5. Pada tahap ini, kita akan memperbesar partisi D dengan cara menambahkan atau menggabungkan disk unlocated tadi kedalam partisi D. caranya adalah klik pada partisi D, kemudian klik pada icon Resize/Move yang ada pada menu bagian atas.
tutorialengkap how to resize and move partition on windows

6. Setelah anda melakukan klik pada icon resize/move, anda akan melihat jendela baru untuk melakukan resize partisi.

Cara untuk melakukan resize cukup mudah, anda hanya perlu menggeser ukuran partisi seperti pada gambar ilustrasi berikut ini.
Cara membuat partisi windows semakin besar
Kemudian klik pada tombol ok

7. Selanjutnya anda akan melihat bahwa partisi F sudah menghilang dan Volume yang sebelumnya digunakan oleh partisi F sudah tergabung kedalam partisi D.

nah tahap terakhir adalah melakukan apply atau menyimpan hasil modifikasi partisi atau penggabungan dua partisi hardisk tadi, dengan cara klik pada tombola tau icon Apply yang ada pada menu bagian atas.
Cara membuat partisi windows menjadi lebih besar
kemudian konfirmasi Perubahan dengan klik pada tombol Yes.

8. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses menyimpan perubahan selesai. Dan setelah selesai, maka anda aan melihat informasi Finish yang berisi “2 operations have been executed sucessfully” seperti pada gambar ilustrasi berikut ini.
Cara memperbesar partisi C

9. Selesai.

Sampai disini anda telah selesai dan berhasil melakukan resize partisi hardisk pada computer anda. Untuk memastikan bahwa perubahan yang telah kita lakukan tadi telah benar benar disimpan, anda dapat melakukan pengecekan dengan membuka windows explorer dan anda akan melihat bahwa partisi D dan F tadi sudah tergabung menjadi satu.

Itulah tutorial sekaligus tips dan pengalaman yang bisa admin tutorialengkap bagikan kepada anda, jika anda memiliki pertanyaan mengenai tutorial ditas, silahkan kirimkan komentar atau email kami. Terimakasih dan sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.


Regard
Widianto Hendro
widi@tutorialengkap.com

0 Response to "Tutorial Cara Menggabungkan Dua Partisi Hardisk Menjadi Satu"

Post a Comment

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel