Cara Setting Dua IP Address Pada Satu NIC atau LAN Card Komputer

Tutorialengkap | Cara menambahkan Dua atau lebih IP Address dalam satu adapter atau NIC. Sehingga dalam satu computer dapat memiliki beberapa IP Addresss yang berbeda-beda dan bisa menyambung ke berbagai jaringan dengan segment IP yang berbeda, dan juga dalam jaringan dengan kelas IP berbeda pula.

Bisanya, kebanyakan computer hanya disetting atau diberi dengan satu alamat IP address saja, entah memang hanya satu ip saja yang dibutuhkan, atau ada alasan lainya.
Cara Setting Dua IP Address Pada Satu NIC atau LAN Card Komputer
Namun taukah kamu, bahwa IP Address pada computer bisa ditambahkan lebih dari satu, lebih dari dua dan seterusnya. Hal ini berarti, NIC atau adapter atau kartu jaringan pada computer yang kita miliki bisa menampung IP address yang cukup banyak.

Hal ini akan sangat bermanfaat jika anda menggunakan suatu perangkat computer atau laptop yang biasa digunakan untuk berpindah jaringan satu ke jaringan lain dengan menggunakan Static IP address. Karena dengan menyimpan atau membuat konfigurasi lebih dari satu IP address pada satu perangkat NIC, maka kita tidak perlu lagi merubah-rubah pengaturan IP lagi setiap kali kita berpindah dari jaringan satu ke jaringan lainya.

Salah satu hal yang membutuhkan penggunaan lebih dari dua static IP Address adalah saat kita melakukan penggantian perangkat jaringan seperti Access Point, Router atau Antenna Radio wireless seperti Ubiquiti.

Dalam melakukan penggantian IP Address pada perangkat jaringan, biasanya kita perlu merubah IP pada computer atau laptop kita untuk menyesuaikan dengan IP address default pada perangkat jaringan tersebut.

Setelah penggantian IP address perangkat jaringan selesai, maka computer kita tidak akan bisa tersambung ke perangkat jaringan lagi dikarenakan IP computer kita masih menggunakan IP lama yang digunakan oleh perangkat jaringan tadi.

Oleh karena itu, kita dapat menambahkan dua IP pada computer kita, yaitu IP lama (IP Default Perangkat Jaringan) dan IP baru setelah dilakukan penggantian.

Langsung saja berikut adalah tutorial cara menambahkan dua alamat IP atau IP Address pada satu NIC pada computer . silahkan simak tutorial berikut ini.

Cara Setting Lebih Dari Dua Ip Address Pada Satu Nic Pada Komputer

1. Pada windows 10, silahkan buka Setting, kemudian pilih menu Network & Internet.
cara menambahkan banyak ip address pada satu komputer
2. Setelah menu pengaturan jaringan terbuka, silahkan pilih pada pilihan Change adapter options
Cara setting dua alamat ip pada satu komputer
3. Kemudian anda akan masuk ke halaman Network Connections, pada halaman tersebut, anda akan melihat beberapa adapter atau NIC jaringan yang terpasang pada computer anda.

Karena disini admin tutorialengkap akan melakukan setting pada jaringan wireless, maka yang harus admin lakukan adalah memilih pada adapter Wi-Fi. Kemudian lakukan klik kanan pada adapter Wi-Fi tersebut, lalu pilih Properties.
Cara Konfigurasi Beberapa IP Address Pada NIC atau kartu jaringan pada satu komputer
4. Pada halaman Wi-Fi properties, silahkan double klik pada pilihan TCP/IP v4, sehingga terbuka halaman baru bernama general, dimana pada halaman tersebut tersedia kolom untuk menambahkan IP Address pada computer anda secara manual atau static IP address.

Silahkan tambahkan IP address pertama yang ingin anda gunakkan, beserta gateway, dns dan lain sebagainya yang anda butuhkan pada computer anda.
Masuk Menu advance ip address untuk menambahkan ip address baru
5. Selanjutnya, untuk menambahkan IP address baru, silahkan klik pada tombol Advance sehingga terbuka halaman Advance TCP/IP dan pada halaman tersebut, anda dapat menambahkan alamat IP, Gateway dan juga DNS baru.
Cara Menambah IP Address dan Gateway pada WIndows
Alamat IP, gateway, dan juga DNS ini dapat anda isi dengan kelas IP yang berbeda (tidak harus satu kelas dengan IP awal tadi). Artinya, IP kedua ini akan digunakan jika anda menyambung ke jaringan baru yang menggunakan IP dengan kelas dan segment yang sama dengan IP kedua.

Anda bisa menambahkan dua, tiga atau empat dan lebih banyak lagi pengaturan alamat ip disini, sehingga sangat cocok jika anda sering berpindah pindah jaringan dengan konfigurasi alamat ip yang berbeda-beda.

6. Setelah selesai menambahkan alamat IP, anda bisa klik tombol OK untuk langsung menyimpan pengaturan yang telah anda buat tadi.

7. Selesai.

Ternyata untuk menambahkan banyak IP address atau multi IP pada computer itu sangat mudah. Namun sayangnya tidak banyak orang yang tau kalua ternyata satu adapter jaringan atau NIC pada computer bisa menampung beberapa pengaturan atau konfigurasi IP address secara bersamaan seperti ini.

Itulah tutorial tentang Cara menambahkan dua alamat IP address pada satu NIC di computer, jika anda merasa memiliki pertanyaan mengenai tutorial diatas, silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Setting Dua IP Address Pada Satu NIC atau LAN Card Komputer"

Post a Comment

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel