2 Cara Cek Jenis Hardisk Untuk Mengetahui MBR Atau GPT

Tutorialengkap.com | Beberapa hari terakhir admin tutorialengkap mendapat Berbagai pertanyaan mengenai Bagaimana cara mengetahui atau melihat jenis hardisk GPT dan MBR, oleh karena itu dalam tutorial kali ini admin akan mencoba menbantu anda mengenai tips dan trik bagaimana cara mudah mengetahui jenis hardisk apakah hardisk tersebut menggunakan jenis table partisi MBR atau GPT.
Tutorialengkap cara cek jenis partisi hardisk untuk mengetahui hardisk GPT atau MBR

Cara cek atau cara mengetahui apakah suatu hardisk menggunakan jenis table partisi MBR atau GPT dapat kita lakukan dengan cara yang cukup mudah dan sederhana tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga. Biasanya Kebanyakan orang banyak yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti partition wizard, partition magic atau aplikasi lain sejenisnya utuk mengetahui jenis partisi apa yang digunakan oleh hardisk.

Namun disini admin tutorialengkap akan membantu anda untuk mengetahui atau melihat jenis partisi hardisk yang anda gunakan tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga. Karena sebenarnya Microsoft sendiri sudah menyediakan beberapa tool bawaan windows yang dapat anda manfatkan untuk mengetahui jenis partisi sekaligus merubah jenis partisi pada hardisk anda dengan sangat mudah dan juga sederhana.

Langsung saja berikut adalah dua acara untuk mengetahui jenis tabel partisi yang digunakan oleh  hardisk. Mari kita mulai dari cara pertama terlebih dahulu.

Cara mengetahui Jenis Partisi Hardisk MBR atau GPT dengan Disk Management.

1. Langkah pertama, silahkan buka Control panel pada computer anda.
2. Pada halaman utama control panel, silahkan klik pada System and Security.
3. Pada halaman System and Security, silahkan pilih Administrative tools.
4. Pada halaman Administrative Tools, silahkan buka Computer management dengan cara double click pada pilihan computer management.
5. Setelah halaman computer management terbuka, silahkan klik pada pilihan Disk Management.
6. Pada halaman disk management, anda akan melihat daftar hardisk dan juga sekaligus daftar setiap partisi pada hardisk anda.

Disini admin tutorialengkap punya hardisk eksternal, dimana pada halaman Disk management, hardisk tersebut ditandai dengan nama Disk 1.
Untuk mengetahui apakah disk 1 tersebut menggunakan jenis table partisi MBR atau GPT, silahkan klik kanan pada Disk 1.
Tutorialengkap cara cek jenis partisi hardisk untuk mengetahui hardisk GPT atau MBR

Setelah anda melakukan klik kanan pada disk 1, silahkan lihat menu yang muncul setelah anda melakukan klik kanan. Disana ada pilihan Convert to MBR Disk yang artinya pilihan tersebut berguna untuk merubah hardisk kita ke jenis partisi MBR.
Berarti kesimpulanya adalah saat ini hardisk dengan nama Disk 1 tersebut menggunakan jenis table partisi GPT.

Sampai disini anda sudah mengetahui bahwa hardisk dengan nama disk 1 tersebut menggunakan jenis table partisi GPT.

Ok itulah cara pertama untuk mengetahui atau melihat apakah hardisk kita MBR atau GPT. Selanjutnya mari kita melangkah ke cara kedua untuk mengetahui jenis partisi hardisk.

Cara mengetahui Jenis Partisi Hardisk MBR atau GPT dengan Disk Part.

1. Langkah pertama buka cmd as administrator Ingat ! CMD as Administrator. Caranya adalah dengan klik start, ketik cmd pada kolom pencarian, jika muncul, silahkan klik kanan kemudian pilih run as administrator.

2. Setelah halaman atau jendela cmd as administrator telah terbuka, silahkan ketik DIskpart, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.

3. Selanjutnya, silahkan ketik perintah List Disk kemudian tekan tombol enter untuk menampilkan daftar hardisk yang terhubung ke computer anda.

4. Silahkan lihat pada daftar hardisk yang ditampilkan pada halaman Diskpart tersebut terdapat seperti table, dimakan pada kolom terakhir terdapat kolom GPT. Hardisk yang menggunakan table partisi GPT akan ditandai dengan adanya tanda bintang atau *

Pada gambar diatas, kedua hardisk menggunakan jenis table partisi GPT, maka kedua hardisk ditandai dengan tanda bintang * pada kolom GPT.
Tutorialengkap cara cek jenis partisi hardisk untuk mengetahui hardisk GPT atau MBR

Pada gambar berikut ini, admin mencoba melakukan percobaan dengan merubah jenis table partisi Disk 1 menjadi MBR dan setelah dilihat dengan diskpart, maka tanda bintang hanya ada pada Disk 0 saja. Disk 1 tidak memiliki tanda bintang karena Disk 1 bukan lagi menggunakan jenis partisi GPT, melaunkan telah berubah menggunakan MBR.
Tutorialengkap cara cek jenis partisi hardisk untuk mengetahui hardisk GPT atau MBR

5. Selesai.

Itulah du acara mudah dan sederhana untuk mengetahui apakah suatu hardisk menggunakan jenis table partisi MBR ataukah menggunakan table partisi GPT. Dengan dua cara diatas, maka kita dapat dengan mudah melihat dan mengetahui jenis-jenis partisi yang ada pada hardisk kita.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar tutorial tentang du acara mengetahui jenis partisi Hardisk GPT atau MBR, silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar yang tersedia.
Jika anda merasa terbantu dengan tutorial yang admin tutorialengkap bagikan, silahkan share tutorial ini ke teman anda yang membutuhkan. Terimakasih telah berkinjung dan sampai jupa pada tutorial berikutnya.

Regard
Widi | Tutorialengkap.com

2 Responses to "2 Cara Cek Jenis Hardisk Untuk Mengetahui MBR Atau GPT"

  1. Sebelumnya Terimakasih banyak atas sharing ilmunya gan. Mau tanya gan, saya baru saja melakukan clean hardisk lewat cmd-diskpart melalui pc lain (saya jadikan slave)sekarang saya akan menginstal win10pada hardisk yang sudah saya clean tersebut, apakah bisa langsung install atau harus saya format ke gpt gpt dahulu (posisi harrisk baru clean, belum saya format)
    Terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya mending langsung convert ke GPT aja gan.

      Delete

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel