Cara Mengatasi Radio Ubiquiti (Ubnt) Reset Default Sendiri

Tutorialengkap Mengatasi Radio Ubnt Reset Default Sendiri – Ubiquiti merupakan sebuah perangkat radio yang paling banyak digunakan oleh para administrator jaringan. Terutama para administrator yang gemar menggunakan jaringan wireless. Disamping cara pemasangan dan penggunaan yang sederhana, mudah dan tidak ribet, perangkat Ubiquiti atau sering dikenal dengan sebutan UBNT ini juga sangat fleksibel karena dalam penggunaan di lapangan, perangkat Ubiquiti ini mampu menggantikan koneksi kabel yang umumnya cukup ribet saat pemasangan atau installasi.

Perangkat Ubiquiti atau ubnt itu sendiri merupakan perangkat radio yang saat ini admin tutorialengkap gunakan untuk menghubungkan jaringan antar 3 gedung atau 3 bangunan yang ada dalam lingkungan kerja admin saat ini.
Tutorialengkap Mengatasi Ubiquiti Sering Kembali ke pengaturan Default dengan Sendirinya

Permasalahan
Namun beberapa minggu yang lalu ada masalah yang sebelumya belum pernah admin tutorialengkap alami, dimana perangkat radio Ubiquiti ini mengalami reset default dengan sendirinya. Alhasil beberapa pengaturan yang telah admin setting sebelumnya pun hilang, seperti pengaturan IP addsess Static, pengaturan alamat DNS dan lain sebagainya juga ikut hilang karena perangkat Ubiquiti ini telah kembali ke pengaturan pabrik.

Akhirnya admin melakukan setting ulang pada perangkat Ubiquiti dengan pengaturan yang disesuaikan dengan settingan jaringan di area kerja admin, namun beberapa saat kemudian kejadian Ubiquiti ter-reset ke pengaturan default ini terjadi lagi dan lagi.

Setelah admin tutorialengkap amati ternyata kejadian Ubiquiti ter-reset default dengan sendirinya ini terjadi saat listrik padam, kemudian dinyalakan dengan Genset. Kemudian admin mencoba mencari tau di beberapa artikel di internet dan admin menemukan artikel milik blog cikalmerdeka yang mengatakan bahwa
“Ubiquiti mengalami reset default dengan sendirinya karena terjadinya konsleting antar kabel warna putih coklat dan putih biru. Kabel warna jalur ini adalah untuk memang untuk reset, hal ini biasanya terjadi karena kabel basah atau kemasukan karena hujan.”
Dan ternyata memang benar, menurut informasi yang admin Tutorialengkap.com dapatkan ternyata Perangakat Radio Ubiquiti akan secara otomatis melakukan reset default jika ada kelebihan beban voltase listrik.
Hal ini sangat cocok dengan yang terjadi dilapangan, mungkin karena peralihan antara listrik dari pln yang tiba-tiba padam trus ganti ke listrik dari genset, sehingga Ubiquiti secara otomatis melakukan reset default.

Solusi

Cara Mengatasi Perangkat Ubiquiti Reset Default Dengan Sendirinya

Nah untuk mengatasi Permasalahan Radio Ubiquiti mengalami reset default dengan sendirinya tersebut ada sebuah alternative yang dapat kita lakukan, yaitu dengan melakukan settingan pada mode GUI di perangkat Ubiquiti.

Untuk melakukanya, silahkan login ke Mode GUI Ubiquiti, kemudian masuk ke menu System, Kemudian, silahkan hilangkan tanda centang atau tanda ceklist pada pilihan Reset Button. Agar lebih jelas dan mudah dipahami, silahkan lihat gambar contoh berikut.
Tutorialengkap Mengatasi Ubiquiti Sering Kembali ke pengaturan Default dengan Sendirinya

Dengan menghilangkan tanda ceklist atau tanda centang pada mode reset button, maka kita telah menghilangkan fungsi dari tombol reset yang ada di perangkat keras atau tombol fisik dari radio Ubiquiti (ubnt) dan juga tombol reset yang ada di POE adapter.

Oleh karena itu, jangan sampai anda lupa username dan password login ke perangkat Ubiquiti anda karena tombol reset telah dinonaktifkan.

Itulah tutorialengkap cara mengatasi radio Ubiquiti melakukan reset default dengan sendirinya. Cara yang admin tutorialengkap bagikan disini telah admin buktikan sendiri dimana sebelumnya hamper setiap hari Ubiquiti mengalami reset default sendiri, dan setelah menghilangkan tanda centang pada reset button, sampai saat ini sudah hamper satu bulan sudah tidak terjadi lagi permasalahan ubiquiti melakukan reset default sendiri seperti sebelumnya.

Itulah pengalaman yang dapat admin bagikan untuk saat ini, mungkin jika anda memiliki solusi yang lebih mudah, anda dapat mencantumkan kedalam kolom komentar yang tersedia. Atau jika anda memiliki pertanyaan septutar ubiquiti, silahkan sampaikan juga ke kolom komentar ya…
Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

4 Responses to "Cara Mengatasi Radio Ubiquiti (Ubnt) Reset Default Sendiri"

  1. Terima kasih tutorial nya mas, saya coba semoga sembuh tidak reset sendiri lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Sama Mas, silahkan dicoba. Sampai saat ini saya berhasil mengatasi Ubiquiti ter-reset sendiri dengan cara ini.

      Delete
  2. Sy mau mencoba dulu di lefebeam dengan kashus yg sama sering reset sendiri,semoga sukses.

    ReplyDelete
  3. saya pernah mengalami hal ini, jadi ceritanya punya saya tiap 2-3hari selalu riset deful trus, dan sudah coba tutorial ini juga. tapi alhasil tetap sama

    berhubung masih baru beli jadi sy garansikan

    tapi disisi lain walau sdh kelar tp sy masih penasaran
    penyebabnya apa yah min,
    saat itu yg sdh sy lakukan naik turunkan versi, ganti kabel, ganti adaptor
    setting seperti tutor diatas pun sdh tp hasil sama

    tp kenapa setelah dikembalikan/ garansi kok sekarang normal
    padahal sy yakin UBNT punya saya gak diganti unit baru tp cm di setting

    sy perhatikan settingan sama defule umum pada UBNT baru
    tp kenapa sekarang gak restar otomatis defule lagi.

    masih penasaran masalahnya dimana yah
    klo admin ketemu solusi permasalahan saya itu mohon di shere ya min,
    sy sangat menbutuhkanya krn sy sdh berusaha cari informasi dari luar dalam negri blm dapet juga hehehehehehe

    sebelumnya terima kasih banyak ya min.

    ReplyDelete

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel