Cara Mudah Sharing Printer Melalui Jaringan LAN / Wifi

Tutorialengkap cara sharing printer pada jaringan computer – Sharing printer atau berbagi pakai satu printer untuk beberapa computer bukanlah sebuah hal baru dalam perkembangan teknologi jaringan computer, namun sharing printer masih sangat berguna dan masih banyak digunakan dalam pekerjaan, baik itu di kantor perusahaan, kantor sekolah bahkan di pemerintahan.
Tutorialengkap Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer

Disamping menghemat biaya karena tidak harus membeli banyak printer untuk semua computer, Sharing printer merupakan salah satu cara untuk mempercepat pekerjaan. Apalagi jika dalam sebuah jaringan tersebut diterapkan sebuah jaringan wireless, tentu akan sangat berguna dan memudahkan karena semua perangkat yang terhubung melalui koneksi wireless atau wifi akan dapat mengakses printer tersebut untuk mencetak dokumen.

Pada dasarnya sharing printer adalah berbagi satu printer agar bisa digunakan oleh beberapa computer sekaligus, dengan syarat computer yang ingin menggunakan printer harus terhubung ke jaringan yang sama.

Dalam tutorial ini admin tutorialengkap telah membuat sebuah ilustrasi jaringan lokal yang terdiri dari satu server, dan empat komputer client . pada jaringan lokal yang admin tutorialengkap buat juga terdapat sebuah printer yang langsung terhubung ke komputer server melalui koneksi kabel USB.
Sedangkan komputer server dan komputer client dihubungkan dengan koneksi kabel LAN atau kabel UTP cat 5 yang langsung terhubung melalui switch/hub.

Pada switch / hub juga admin tambahkan sebuah wireless access point agar perangkat mobile seperti laptop atau smartphone bisa tersambung melalui koneksi wireless
Silahkan perhatikan gambar berikut agar mudah dipahami
Tutorialengkap Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer

Cara Sharing Printer Pada Sebuah Jaringan Komputer

Konfigurasi pada komputer Server

1. Pastikan driver printer telah benar-benar terpasang dan printer sudah terhubung pada komputer server dan komputer server bisa mencetak menggunakan printer tersebut.

2. Lakukan konfigurasi pada komputer server dengan cara buka control panel, kemudian pilih Hardware and sound, kemudian pilih devices and printer, sehingga akan tampil printer yang akan kita share. Sebagai contoh disini kita akan mencoba share printer Canon G2000.
Tutorialengkap 1 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

3. Silahkan klik kanan pada printer yang akan kita share, kemudian pilih printer properties.
Tutorialengkap 2 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi

4.     Kemudian pilih tab Sharing. Beri tanda centang pada tulisan share this printer, pada kolom share name silahkan isikan nama printer sesuai keinginan anda agar mudah dikenali, jika sudah, silahkan klik pada tombol OK.
Tutorialengkap 3 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

5. Langkah selanjutnya, kita akan masuk ke bagian jaringan agar komputer kita siap digunakan untuk sharing dengan komputer lain. Caranya adalah dengan masuk ke control panel, lalu pilih network and internet, lalu pilih network and sharing center, kemudian pilih atau klik pada tulisan change network and sharing settings.

Silahkan rubah settingan ke turn on network discovery, dan juga turn on file and printer sharing .
Tutorialengkap 4 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

Lakukan perubahan yang sama pada semua bagian profil jaringan, baik itu private network, guest or public dan juga all network.

Pada bagian public folder sharing, silahkan pilih turn off password protected sharing, agar saat komputer client mau menyambung ke printer tidak diminta password dari server. Setelah selesai silahkan klik pada tombol save change.
Tutorialengkap 5 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

6. Sampai pada tahap ini konfigurasi pada komputer server telah selesai.

Tahap setting pada komputer server telah selesai, langkah selanjutnya adalah konfigurasi pada komputer client yang akan ikut bergabung untuk menggunakan printer yang telah terhubung ke komputer server, caranya adalah sebagai berikut :

Konfigurasi pada Komputer Client
Agar komputer client dapat meyambung printer yang telah di share oleh komputer server, kita juga harus melakukan setting atau konfigurasi yang sama seperti pengaturan pada komputer server pada tahap nomor 4 diatas, yaitu dengan cara memilih turn on network discovery, dan juga turn on file and printer sharing.

Menyambungkan Komputer Client dengan Printer yang ada pada Komputer Server

1. Pastikan Bahwa Komputer Client dan komputer server telah terhubung dengan jaringan yang sama.

2. Untuk menyambungkan komputer Client ke Printer yang ada pada komputer server, bisa kita lakukan dengan cara : Buka Windows Explorer dengan cara tekan tombol windows dan tombol E bersamaan, kemudian pada address bar windows explorer, silahkan ketik tanda \\ kemudian diikuti dengan IP Address komputer server, kemudian tekan tombol Enter

Contoh : \\192.168.3.96
Sebagai contoh agar lebih mudah dipahami, silahkan lihat pada contoh gambar berikut.

Tutorialengkap 6 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

3. Setelah anda memasukkan IP address dan menekan tombol Enter, maka printer yang sudah anda share pada komputer server akan tampil pada komputer client.
Tutorialengkap 7 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

4. Untuk menyambungkan ke printer, pada printer yang tampil, silahkan klik kanan kemudian pilih connect .
Tutorialengkap 8 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

5. Silahkan tunggu hingga proses menghubungkan dan proses installasi driver berjalan secara otomatis.

6. Setelah driver terpasang dan printer telah terhubung dengan komputer client, maka akan tampil halaman antrian cetakan pada printer terpilih seperti pada gambar berikut ini.
Tutorialengkap 9 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi

7. Selesai.

Sampai pada tahap ini, PC Client telah terhubung ke printer yang ada pada komputer server dan dapt dipastikan komputer client sudah bisa mencetak dokumen, gambar atau file lainya dengan printer tersebut.

Namun untuk memastikan bahwa printer benar-benar telah terhubung dnegan komputer client, anda bisa membuka halaman control panel, device and printer dan anda akan melihat nama printer yang baru saja anda sambungkan dengan komputer client.

Untuk membuktikan lagi kalau memang proses sharing printer benar-benar telah berhasil, silahkan coba untuk mencetak dokument, dan disana anda akan melihat pilihan printer yang baru saja anda sambungkan tadi.
Tutorialengkap 10 Cara konfigurasi Sharing Printer Pada Jaringan Komputer LAN dan WIfi.png

Dan akhirnya proses sharing printer telah selesai, Anda dapat menghubungkan lebih banyak komputer client untuk menggunakan printer tersebut dengan cara yang sama seperti cara diatas.

Dengan catatan komputer client yang mau menyambung ke printer harus tersambung pada jaringan yang sama dengan jaringan yang digunakan oleh komputer server.

Tidak hanya komputer yang tersambung Jaringan Local (LAN) yang menggunakan kabel UTP saja, komputer atau laptop bahkan smartphone android yang tersambung menggunakan koneksi wifi juga bisa menggunakan printer tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mudah setting sharing printer atau berbagi pakai satu printer untuk banyak komputer dalam jaringan komputer LAN dan juga Wifi. Jika ada salah kata atau salah dalam menjelaskan, tolong sampaikan kritik dan saran untuk disampaikan kepada admin tutorialengkap melalui kolom komentar yang tersedia.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

2 Responses to "Cara Mudah Sharing Printer Melalui Jaringan LAN / Wifi"

  1. sesuai dengan nama blognya, lengkap banget.. thanks .. sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel