Dua Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows

Tutorialengkap Dua Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows | Ketika melakukan installasi windows seringkali kita mendapatkan beberapa pesan kesalahan yang disebabkan oleh ketidak sesuaian jenis partisi pada hardisk PC atau laptop kita. Ketika mendapatkan pesan kesalahan ini, kebanyakan user tidak memperhatikan secara jeli, sebenarnya kode atau pesan tersebut disebabkan karena apa.

Hal ini sesuai dengan yang admin tutorialengkap alami sendiri, dimana ketika mendapatkan pesan kesalahan mengenai ” Windows cannot be installed on this disk. The selected bla bla bla…”
Tutorialengkap Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows

Secara tidak langsung saya menganggap bahwa pesan tersebut disebabkan ketidak sesuaian jenis table partisi pada hardisk sehingga windows tidak dapat di install pada hardisk tersebut.
Ya , memang benar kesalahan tersebut disebabkan karena jenis partisi hardisk yang tidak cocok dengan installer windows kita sehingga bagaimanapun juga, windows tidak akan mau di install.

Namun taukah kamu, bahwa pesan kesalahan pada saat installasi windows ini ada dua jenis, yaitu : ” Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks” dan “Windows cannot be installed on this disk. The selected diskis of the GPT Partition Style

Oleh karena itu, pada tutorial kali ini admin tutorialengkap akan berbagi sedikit pengalaman kepada anda mengenai dua pesan kesalahan pada saat proses install windows, dan disini admin tutorialengkap juga akan mengajak anda untuk membahas satu persatu pesan kesalahan tersebut dan sekaligus memberikan solusi untuk mengatasinya.

Dua Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows

1. Pesan Kesalahan Pertama | Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks

Tutorialengkap 2 Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows

Pesan kesalahan tersebut berarti “Windows tidak dapat dipasang hardisk ini. Hardisk yang dipilih adalah jenis partisi MBR. Pada UEFI System, Windows hanya dapat dipasang pada Hardisk dengan Jenis GPT”

Error atau pesan kesalahan ini, paling banyak dialami oleh pengguna laptop lama, yang biasanya menggunakan Windows 7 dan beralih ke windows 10.

Sebenarnya dari pesan tersebut sudah jelas apa yang menyebabkan windows tidak dapat di install. Hal ini berarti Jenis Hardisk pada computer anda memiliki jenis partisi MBR, sedangkan Windows hanya mau dipasang pada Jenis Partisi GPT.

Lalu bagaimana solusinya agar kita bisa meng-install windows pada computer ? pada kasus ini, ada dua solusi, yaitu :

Solusi Pertama (Disarankan)

Silahkan rubah jenis table partisi pada hardisk anda dari jenis partisi MBR ke GPT.
Silahkan Baca Cara mudah merubah Hardisk MBR ke GPT
Peringatan ! Silahkan lakukan backup data, karena proses ini beresiko menghapus seluruh data yang ada pada hardisk.

Solusi kedua

Silahkan rubah jenis installer windows yang anda gunakan untuk meng-install windows. Mengapa admin tutorialengkap menyarankan untuk merubah istaller ?
Tutorialengkap 5 Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows


Disini hardisk anda menggunakan Jenis Partisi MBR, maka dari itu, silahkan rubah juga Jenis Installer anda ke MBR juga agar sesuai dan anda dapat melanjutkan installasi windows.

Jika anda menggunakan istaller menggunakan media flashdisk, silahkan gunakan aplikasi Rufus untuk membuat bootable, karena rufus memliki fitur untuk merubah jenis installer apa yang mau anda buat, MBR atau GPT, silahkan sesuaikan dengan kondisi hardisk anda.

2. Pesan Kesalahan Kedua | Windows cannot be installed on this disk. The selected diskis of the GPT Partition Style

Pesan kesalahan kedua ini paling banyak terjadi pada pengguna laptop baru yang sebenarnya sudah disarankan menggunakan windows 10 namun memaksa menggunakan windows 7 ke bawah.

Dari pesan kesalahan Windows cannot be installed on this disk. The selected disks of the GPT Partition Style. Kita tau bahwa windows tidak dapat dipasang pada hardisk ini. Hardisk yang dipilih memiliki jenis partisi GPT, sedangkan jenis installer yang anda gunakan adalah dengan jenis MBR.

Lalu apa solusi untuk mengatasi pesan kesalahan tersebut ?  apa yang harus dilakukan agar windows tetap dapat dipasang pada computer anda ? sama seperti pada pesan kesalahan pertama, disini ada dua solusi, namun solusi yang kedua sangat tidak disarankan.

Solusi Pertama (disarankan)

Silahkan rubah jenis installer windows anda ke mode GPT, karena jenis hardisk pada computer anda sudah menggunakan jenis partisi terbaru yan lebih cepat dan efisien, yaitu GPT.

Solusi Kedua (tidak disarankan)

Merubah jenis partisi Hardisk ke MBR (sebaiknya jangan dilakukan)
Merupakan suatu kemunduran alias downgrade jika anda melakukan konversi hardisk GPT ke MBR.

Itulah sedikit tutorial sederhana untuk mengatasi pesan kesalahan saat intall windows yang disebabkan karena perbedaan jenis table partisi antara hardisk dan installer windows.

Agar anda tidak sampai mengalami kedua pesan kesalahan diatas, sebaiknya sebelum melakukan istallasi windows, silahkan lakukan pengecekan, jenis partisi apa yang digunakan pada hardisk anda saat itu. Silahkan Baca Cara Melihat jenis partisi yang digunakan oleh hardisk.

Rumusnya begini Jika Hardisk anda GPT, silahkan gunakan installer Windows GPT. Dan jika Hardisk anda MBR, silahkan gunakan installer MBR.
Mungkin itu saja beberapa hal yang bisa admin tutorialengkap sampaikan agar anda bisa mengatasi kedua pesan kesalahan ” Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks” dan “Windows cannot be installed on this disk. The selected disk of the GPT Partition Style”

Semoga tutorial yang admin tutorialengkap share kali ini bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan anda seputar masalah saat install windows. Sampai jumpa pada tutorial berikutnya.


0 Response to "Dua Cara Mengatasi Pesan Kesalahan GPT dan MBR Saat Install Windows"

Post a Comment

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel