Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

Tutorialengkap cara setting Access Point D-Link untuk memancarkan Wifi – dalam pertemuan kali ini admin tutorialengkap akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan konfigurasi atau cara setting access point merek D-Link DAP-1360 yang baru saja admin dapat ini sebagai tutorial cara setting D-link DAP-1360 menjadi Access Point

Sebelum membahas ke tutorial inti kita, disini admin tutorialengkap akan membahas sedikit mengenai apa itu access point. Access Point adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk memancarkan sinyal atau jaringan wireless (jaringan tanpa kabel) yang sering kita sebut sebagai wifi yang merupakan singkatan dari wireless fidelity.

Pada beberapa waktu yang lalu, admin tutorialengkap juga sudah pernah membahas mengenai cara setting Access Point merek TP-Link merek TL-WR941HP yang mungkin juga berguna untuk anda.
Tutorialengkap Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

Kembali ke pembahasan kita mengenai Access Point D-Link yang akan kita setting. Dalam paket penjualan Access Point merek D-Link ini kita mendapatkan sebuah perangkat access point, dua antenna, satu kabel LAN pendek, bracket, power adaptor dan juga beberapa buku panduan dan kartu garansi.

Semua dalam paket yang kita dapatkan dalam pembelian Access Point D-Link ini akan sangat berguna, jadi jangan sampai hilang.
Sekarang, mari kita langsung saja mulai untuk melakukan pemasangan hardware access point dan juga setting atau konfigurasi software pada Access Point D-link.

Persiapan (Pemasangan Hardware )
1. Silahkan pasang kedua antenna yang anda dapatkan dalam paket pembelian pada unit Access Point. Port antenna ada di sisi bagian belakang perangkat.
2. Silahkan pasang port adaptor pada perangkat, kemudian hubungkan ke sumber tegangan listrik.
3. Silahkan pasangkan juga kabel LAN yang anda dapat pada paket penjualan ke port LAN yang ada pada perangkat Access Point, dan pada ujung satunya silahkan langsung hubungkan ke LAN port yang ada pada PC atau Laptop.
4. Terakhir, silahkan nyalakan Access Point dengan cara menekan tombol power yang ada pada bagian belakang perangkat.

Sampai disini kita telah berhasil menyalakan Access Point dengan ditandai indicator power, indicator LAN dan juga indicator Wireless atau wifi menyala. Langkah selanjutnya kita akan melakukan setting atau konfigurasi Access Point, mulai dari konfigurasi IP Address sampai dengan setting nama wifi atau nama SSID. Baiklah langsung saja kita mulai tutorial inti kita, silahkan simak baik-baik.

Cara Setting Access Point D-Link Sebagai Pemancar Wifi

1. Untuk dapat melakukan setting Access Point, Kita harus tau alamat IP yang digunakan Access Point terlebih dahulu, caranya adalah dengan melihat informasi yang ada pada bagian bawah perangkat.
Tutorialengkap 1 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

2. Dalam contoh yang admin tutorialengkap berikan kali ini, access point yang admin pakai menggunakan alamat IP default 192.168.0.50 . untuk dapat melakukan konfigurasi, kita harus merubah IP laptop computer atau laptop kita ke IP yang masih satu segmen dengan IP Access Point.
Sebagai contoh disini admin tutorialengkap menggunakan :

  • IP Address 192.168.0.92 pada laptop.
  • pada bagian Subnet mask, Silahkan isikan 255.255.255.0 (biasanya muncul otomatis pada pc/laptop), 
  • Dan untuk gateway ini bisa di biarkan kosong aja, atau isi dengan 192.168.0.1 setelah itu simpan dengan cara klik tombol OK.
Tutorialengkap 2 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

3. Langkah berikutnya, mari kita cek apakah laptop atau computer kita telah terhubung dengan Access Point, dengan cara buka command prompt atau cmd pada pc, kemudian ketik perintah ping 192.168.0.50 lalu tekan tombol enter.
Tutorialengkap 3 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

Jika anda melihat barisan tulisan reply from 192.168.0.50: bytes=32 time=1ms TTL=64, berarti laptop anda telah terhubung dengan baik ke Access Point. Namun jika anda melihat tulisan request time out keungkinan ada yang salah dengan konfigurasi ip address pada pc anda.

4. Jika anda telah yakin bahwa pc anda telah terhubung ke Access Point, selanjutnya mari kita akses pengaturan Access Point D-Link kita dengan cara Buka browser (firefox atau google chrome) kemudian pada address bar browser anda, silahkan ketik alamat IP Access Point anda, yaitu 192.168.0.50 kemudian tekan tombol enter.

5. Setelah anda menekan tombol enter, anda akan masuk ke halaman Wifi Connection Setup Wizard. Silahkan klik pada tombol Next.
Tutorialengkap 5 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

6. Pada halaman kedua, anda akan melihat halman Operation Mode, karena disini kita akan melakukan perangkat ini sebagai pemancar wifi, maka yang harus kita pilih adalah Access Point, kemudian klik pada tombol Next.
Tutorialengkap 6 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

7. Pada halaman berikutnya, kita akan melihat dua kolom yang harus kita isi. Kolom pertama adalah Wireless Network Name atau SSID, ini adalah nama wifi yang akan kita gunakan, silahkan isi sesuai dengan selera anda.

Kemudian pada kolom yang kedua adalah wifi password atau kata sandi yang akan digunakan ketika anda akan menyambung ke wifi anda nanti. Silahkan isikan sesuai dengan yang anda kehendaki, kemudian klik pada tombol Next untuk menuju ke tahap berikutnya.
Tutorialengkap 7 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

8. Pada tahap teakhir, anda akan melihat halaman setup complete dimana anda akan melihat Wifi network name atau ssid anda dan juga password yang telah anda tetapkan, silahkan klik tombol save untuk menyimpan.
Tutorialengkap 8 Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi

Sampai pada tahap ini, sinyal wifi dengan nama yang telah anda isikan tadi telah muncul dan sudah bisa di deteksi pada wifi laptop dan juga smartphone android. Namun ketika anda menyambung ke wifi tersebut, admin tutorialengkap yakin 100% bahwa anda tidak bisa mengakses internet.

Mengapa anda tidak bisa mengakses internet, padahal laptop atau smartphone android anda telah terhubung ke wifi ? yup, karena Access Point anda belum disetting untuk terhubung ke ISP (internet services provider)

Untuk dapat terhubung ke ISP, kita harus tau terlebih dahulu, berapa kelas dan segment IP yang digunakan oleh ISP anda. Jika anda menggunakan jaringan Telkom indihome dirumah, kemungkinan besar jaringan anda menggunakan IP Lokal 192.168.1.1 pada modem yang anda dapat dari Telkom.

Oleh karena itu, kita harus merubah IP address pada Access Point kita menyesuaikan dengan IP yang dipakai oleh ISP kita.

Langsung  saja mari kita masuk ke tahap penggantian IP address pada Access Point agar wifi yang telah kita setting dapat digunakan untuk mengakses internet.

Cara Merubah Default IP Address Access Point ke IP Address Baru sesuai ISP.

1. Silahkan masuk ke halaman setting Access Point dengan cara buka browser pada pc anda, kemudian ketik ip address yang saat ini digunakan oleh Access Point anda pada address bar browser, kemudian tekan tombol enter.

2. Jika anda diminta login, untuk Access Point  baru yang belum pernah disetting password, silahkan masukkan username Admin , dan pada bagian kolom password, silahkan biarkan kosong, lalu langsung klik tombol login.

3. Setelah berhasil masuk ke halaman utama Access Point D-Link, silahkan klik pada tab SETUP, kemudian pada menu bagian kiri, silahkan klik pada LAN SETUP.

4. Selanjutnya, tahap mengisi IP address pada Access Point.

  • Pada bagian LAN IPV4 CONNECTION TYPE – silahkan rubah menjadi Static IP
  • Pada bagian STATIC IP ADDRESS LAN CONNECTION TYPE - silahkan isikan IP address sesuai kelas yang digunakan oleh ISP anda. 

Jika anda menggunakan ISP Telkom, silahkan isikan IP address default 192.168.1.X (tanda X silahkan sesuaikan ip nomor berapa yang belum dipakai oleh perangkat lain, sebagai contoh anda bisa gunakan 192.168.168.1.5)

  • Pada bagian Subnet Mask, silahkan isikan 255.255.255.0
  • Pada kolom gateway address silhakan masukkan IP : 192.168.1.1
  • Pada kolom Primary DNS server silahkan masukkan 8.8.8.8
  • Pada kolom Second DNS Server bisa dibiarkan kosong saja.

Jika sudah selesai mengisi IP address, Subnet mask, Gateway dan juga DNS server, selanjutnya silahkan klik pada tombol save settings untuk menyimpan.

Pada gambar ilustrasi berikut ini, admin tutorialengkap menggunakan ip 192.168.3.X karena menyesuaikan dengan ISP yang admin tutorialengkap gunakan.

5. Setelah anda berhasil merubah ip address pada perangkat Access Point D-Link anda, pasti anda tidak bisa mengakses halaman setting atau halaman login pada browser, hal ini dikarenakan laptop atau PC anda masih menggunakan IP lama yang tidak sesuai dengan IP ISP dan Juga IP Access Point.

Untuk mengatasinya, silahkan rubah alamat IP computer atau laptop anda sesuai dengan IP segmen IP yang digunakan oleh ISP dan Access point. Silahkan baca Tutorialengkap cara merubah IP address Komputer

6. Setelah anda berhasil merubah ip address computer anda sesuai dengan segmen IP yang digunakan oleh ISP dan Access Point anda, anda bisa kembali mengakses halaman setting pada Access Point milik anda.

7. Langkah terakhir, silahkan cabut kabel LAN yang terhubung ke laptop anda, dan pindahkan kabel LAN tersebut ke Modem ISP atau Switch yang terhubung ke ISP.

8. Selesai.

Untuk menguji apakah setting wifi pada Access Point D-Link yang anda lakukan tadi sudah berhasil, silahkan hubungkan wifi laptop atau Hape android anda ke wifi yang barusan anda setting. Lalu coba gunakan untuk mengakses internet.

Jika anda telah berhasil mengakses website atau internet dengan wifi anda, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia sebagai feedback kepada admin tutorialengkap. Namun jika anda mengalami kendala dalam proses setting Access Point sebagai pemancar wifi, silahkan sampaikan masalah anda pada kolom komentar untuk mendapatkan bantuan dari admin tutorialengkap.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.
Regard,

Widi@tutorialengkap.com

0 Response to "Cara Setting Access Point D-Link DAP-1360 Sebagai Pemancar Wifi"

Post a Comment

1. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar dibawah ini
2. Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas
3. Komentar yang berisi kritik dan saran harus bersifat membangun, bukan bersifat menghujat, ataupun bersifat mencela pihak lain.
4. Komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan dan topik yang dibahas akan secara otomatis di hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel