Cara Migrasi Pindah OS Dari HDD ke SSD Tanpa Install Ulang

Tutorialengkap - Cara Migrasi Pindah OS Dari HDD ke SSD Tanpa Install Ulang. Jaman sekarang sudah saatnya kita sebagai pengguna Laptop atau komputer untuk berpindah ke SSD. Salah satu alasan kenapa kita harus pindah atau migrasi dari Hardisk ke SSD adalah karena SSD memiliki performa yang lebih bagus sehingga proses yang dilakukan oleh laptop atau PC kita akan semakin cepat saat digunakan.

Oh iya, tutorial ini admin adalah rangkuman dari pengalaman pribadi admin tutorialngkap saat mengganti hardisk laptop ke SSD
Tutorialengkap Migrasi clone Hardisk ke SSD tanpa Install Ulang (2)

Selain alasan kecepatan, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan dan benturan, sehingga SSD tidak mudah rusak atau corrupt akibat guncangan dan benturan, berbeda dengan hardisk yang sangat sensitif terhadap guncangan dan getaran sehingga kita harus sangat berhati-hati saat membawanya, karena beresiko membuat hardisk cepat rusak dan corrupt.

Namun Masalahnya adalah, ketika kita ingin melakukan Migrasi atau mengganti Hardisk laptop dengan SSD, kita perlu melakukan Install Ulang mulain dari OS atau Sintem operasi, hingga software aplikasi yang kita perlukan. Hal tersebut biasanya dirasa terlalu ribet bagi orang yang menggunakan laptopnya untuk kerja atau bisnis.

Oleh karena itu kita perlu melakukan Migrasi dari Hardisk ke SSD dengan cara instant yaitu dengan cara clone. Clone adalah salah satu metode untuk melakukan copy atau menggandakan seluruh isi hardisk ke perangkat atau media penyimpanan baru SSD kita. Sehingga dengan melakukan clone seluruh Isi hardisk akan berpindah ke SSD, dan kita hanya tinggal pasang SSD ke perangkat laptop atau Komputer kita tanpa perlu install ulang lagi.
Catatan :Metode Clone tidak akan ikut menggandakan Lisensi Sistem Operasi dan lisensi aplikasi, sehingga setelah melakukan Clone ke SSD, Windows hasil Clone yang ada pada SSD baru anda akan kembali ke Posisi Trial. Jadi anda hanya perlu memasukan Lisensi Windows anda lagi.
Alat dan Software Yang di perlukan untuk melakukan Clone Isi Hardisk Ke SSD
Sebelum melakukan Clone isi Hardisk ke SSD, kita memer;ukan alat dan software yang akan kita gunakan sebagai alat atau tool untuk melakukan clone atau migrasi dari hardisk ke SSD, diantaranya dalah :

EaseUS Todo Backup -  Adalah sebuah software yang  berfungsi untuk melakukan backup dan juga cloning atau menggandakan isi dari media pemyimpanan  yang satu dengan yang lain. Jadi Silahkan pastikan aplikasi tersebut sudah diinstall pada PC atau Laptop anda.

Connector Sata To USB -  Jika anda menggunakan SSD dengan slot sata, maka anda perlu menggunakan kabel dengan connector Sata to USB untuk menghubungkan SSD anda ke laptop yang akan di Clone.

Cara Migrasi Pindah OS Dari HDD ke SSD Tanpa Install Ulang

Setelah Software dan alat yang kita pelukan sudah terpenuhi, sekarang langsung saja, mari kita mulai untuk melakukan Clone atau Migrasi Dari Hardisk ke SSD.

1. Langkah Pertama, silahkan hubungkan SSD baru anda ke laptop dengan menggunakan Konektor Sata to USB.
Tutorialengkap 1 Cara Migrasi clone Hardisk ke SSD tanpa Install Ulang

2. Pastikan SSD yang anda gunakan belum dipartisi atau masih dalam keadaan unlocated. Atau jika sudah terlanjur di partisi, silahkan delete atau hapus partisi yang ada pada SSD.
Tutorialengkap 2 Cara Migrasi clone Hardisk ke SSD tanpa Install Ulang

3. Silahkan buka Software EaseUS Todo Backup yang sudah terpasang pada Laptop anda.

4. Pada halaman software EaseUS Todo Backup, silahkan klik pada menu Clone yang ada pada bilah menu bagian kiri, Sehingga anda akan melihat halaman baru yang terbuka dengan nama System Clone.
Tutorialengkap 3 Cara Migrasi clone Hardisk ke SSD tanpa Install Ulang

5. Pada halaman System Clone tersebut, silahkan beri tanda Checklist atau tanda centang pada bagian System Clone jika hanya ingin melakukan copy atau menggandakan bagian Windows dan aplikasinya saja.
Namun jika anda ingin menggandakan seluruh partisi hardisk ke SSD, silahkan centang juga pada bagian Drive D: , Dirive : , dan seterusnya, silahkan sesuaikan dengan partisi yang ada pada Hardisk anda.

Kemudian pada bilah sebelah kanan, silahkan pilih SSD tujuan, atau Penyimpanan SSD yang akan digunakan untuk mengcopy data dari Hardisk.

Setelah semuanya sudah dirasa benar, kemudian langkah selanjutnya anda hanya perlu melakukan klik pada Tombol Proses yang ada di pojok kanan bawah.
Tutorialengkap 4 Cara Migrasi clone Hardisk ke SSD tanpa Install Ulang

6. Silahkan tunggu hingga proses Cloning selesai.

7. Setelah Proses Clonning isi hardisk ke SSD sudah selesai, anda sudah bisa melepaskan hardisk pada laptop anda nda menggantinya dengan SSD yang barusaja anda clone tadi, dan hasilnya, laptop anda akan langsung bisa booting ke windows tanpa harus install ulang Sistem Operasi dan juga software aplikasi yang anda butuhkan.

8. Selesai.

Itulah tutorial tentang Pengalaman admin tutorialengkap untuk melakukan clone isi hardisk ke SSD sehingga migrasi penyimpanan dari Hardisk ke SSD akan terasa lebih sederhana dan tidak ribet.
Namun perlu admin tutorialengkap diingatkan lagi ya, untuk lisensi windows tidak akan ikut di clone, jadi windows pada ssd hasil clone akan tetap trial, atau jika anda sebelumnya telah menggunakan Windows original preinstall bawaan laptop, mungkin anda perlu melakukan aktivasi ulang secara online.

Terimakasih telah berkunjung ke blog tutorialengkap.com, semoga pengalaman tentang cara migrasi OS dari HDD ke SSD ini bermanfaat untuk anda semua. Jika anda memiliki pertanyaan, Silahkan sampaikan pertanyaan anda pada kolom komentar yang tersedia. Sampai Jumpa pada tutorial berikutnya dan Semoga Bermanfaat.

Widi@tutorialengkap.com

No comments for "Cara Migrasi Pindah OS Dari HDD ke SSD Tanpa Install Ulang"