Cara Reset Router Agar Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Router adalah salah satu perangkat jaringan yang memiliki peran cukup penting. Saat ini, selain berkerja sebagai jembatan antara jaringan WAN dan LAN, Router juga mampu bekerja sebagai Access Point yang mampu memancarkan jaringan wifi ke perangkat-perangkat mobile yang memiliki wireless adapter.

Namun yang menjadi permasalahan disini adalah, dimana Sebuah perangkat router terkadang tidak selamanya mampu berjalan dengan mulus. Router dituntut untuk selalu aktif bekerja dan menyala sepanjang waktu demi untuk menyediakan koneksi jaringan yang juga diperlukan setiap waktu, sehingga router harus siap untuk digunakan setiap saat

Namun apa yang terjadi jika router anda mulai mengalami masalah ? sehingga mengganggu aktifitas dan pekerjaan anda yang membutuhkan koneksi jaringan internet ?
tutorialengkap, Cara Reset Router Agar Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Permasalahan umum yang sering terjadi selama ini adalah dimana router tidak merespon. Terkadang SSID atau nama Wifi yang dihasilkan oleh Router Access Point juga masih bisa kita deteksi dan bisa dihubungkan dengan perangkat smartphone, namun ketika telah terhubung malah no internet access. Padahal dalam kasus ini kita yakin bahwa koneksi internet harusnya baik-baik saja dan semua settingan juga tidak ada perubahan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya bisa kita coba dengan melakukan reboot pada router atau access point. Hanya reboot biasa, cukup matikan, kemudian nyalakan kembali dalam beberapa detik. Hal itu akan membuat router anda kembali normal dan bisa digunakan seperti biasa.

Memang dengan melakukan reboot bisa mengatasi permasalahan ketika router tidak merespon, namun bagaimana jika setiap hari router mengalami hang dan tidak merespon ? apakah setiap hari anda harus melakukan reboot atau restart ?

Cara Factory Reset Router Agar Kembali ke Pengaturan Awal Pabrik

Memang tidak banyak Percobaan perbaikan yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki router yang bermasalah ini, namun setidaknya kita masih punya satu cara yang mungkin ampuh untuk memperbaiki router tersebut, yaitu dengan cara Factory Reset default atau mengembalikan Router ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik.

Setidak nya disini admin tutorialengkap menyarankan dua cara untuk melakukan factory reset pada router anda. Diantaranya adalah :

[Cara pertama] Factory Reset Router Secara Manual Menggunakan Tombol Fisik.

Semua perangkat jaringan, umumnya dilengkapi dengan tombol fisik yang bisa kita gunakan untuk melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan default.

Setiap perangkat router Terkadang memiliki tombol yang masing-masing berbeda, ada yang tombolnya menyatu dengan tombol WPS, ada juga yang tombolnya tersembunyi didalam, sehingga untuk melakukan reset kita memerlukan jarum, atau sim ejector untuk menekan tombolnya.

Sedangkan Cara untuk melakukan Factory reset default dengan tombol ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu Tekan dan tahan pada tombol reset ini selama kurang lebih 10 detik, hingga indikator lampu pada router menyala ulang seperti baru dihidupkan.

Setelah itu, semua pengaturan pada router anda akan kembali ke pengaturan awal seperti saat anda baru saja membelinya dari toko.

[Cara Kedua] Cara Reset Default Router Melalui Web service

1. Pastikan laptop atau komputer anda telah terhubung ke Router dengan menggunakan kabel lan dengan segmen ip address yang sama.
2. Akses alamat ip address milik router melalui browser
3. Silahkan login dengan username dan password yang telah anda setel pada router anda.
Tutorialengkap 1 Cara Reset Router Agar Kembali Ke Pengaturan Pabrik

4. Setelah berhasil login, silahkan masuk ke halaman System Tool, kemudian pilih sub menu Factory Default, lalu silahkan klik pada tombol Restore.
Tutorialengkap 2 Cara Reset Router Agar Kembali Ke Pengaturan Pabrik

5. Jika anda melihat dialog konfirmasi, silahkan klik pada tombol OK, dan router anda akan melakukan proses factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik.

6. Setelah selesai reboot dan router anda telah menyala kembali, router anda sudah dalam keadaan factory reset, artinya semua settingan pada router tersebut sudah kembali ke pengaturan pabrik seperti saat anda membelinya dari toko.

7. Selesai.

Dalam kasus ini admin tutorialengkap menggunakan media Router TP-Link Wireless N Router WR840N, jadi jika anda menggunakan router dengan type yang lain, atau merek lain, mungkin cara yang dilakukan agak berbeda, namun meskipun berbeda, namun tidak jauh. Anda tetap bisa melakukanya.

Username dan Password setelah Factory Reset Router.

Setelah anda melakukan Factory reset pada router, semua pengaturan pada router anda akan kembali ke default, termasuk username dan password yang anda gunakan untuk mengakses halaman pengaturan router juga kembali ke default yaitu :

IP Address : 192.168.0.1
Username : admin
Password : admin

setelah berhasil login ke halaman admin, barulah anda bisa melakukan setting pada router anda.
Penutup

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara reset default perangkat router, jika anda memiliki pertanyaan mengenai tutorial singkat tersebut, anda bisa menyampaikan pertanyaan anda kepada admin melalui kolom komentar yang tersedia atau bisa juga melalui halaman kontak yang tersedia pada menu blog ini.

Terimakasih telah berkunjung dan semoga pembahasan kali ini ada manfaat yang bisa anda ambil. Terimakasih dan sampai jumpa pada tulisan selanjutnya.

Widi
Widi Saya hanya seorang blogger

No comments for "Cara Reset Router Agar Kembali Ke Pengaturan Pabrik"